Jamblang Festival 2021

Mulai tahun 2021 Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon menggelar acara JAMBLANG FESTIVAL 2021. Event ini untuk mewujudkan terbentuknya Wisata terintegrasi Kecamatan Jamblang. Dengan harapan dapat berperan dalam membangun Industri Pariwisata di Kabupaten Cirebon.

Kecamatan Jamblang merupakan wilayah di Kabupaten Cirebon Jawa Barat yang membawahi 8 Desa, yaitu :

  1. Desa Jamblang
  2. Desa Sitiwinangun
  3. Desa Wangunharja
  4. Desa Orimalang
  5. Desa Bojong Wetan
  6. Desa Bojong Lor
  7. Desa Bakung Kidul
  8. Desa Bakung Lor

Secara geografis, sebagian besar wilayah Kecamatan Jamblang dilewati aliran Sungai Jamblang yang memanjang dari kaki gunung Ciremai dan bermuara di pantai utara Cirebon. Mulai dari Desa Jamblang, Desa Sitiwinangun, Desa Wangunharja, Desa Orimalang dan Desa Bakung Kidul. Adapun Desa yang tidak dilewati Sungai Jamblang adalah Desa Bakung Lor, Desa Bojong Lor dan Desa Bojong Wetan. Dapat dikatakan bahwa pada jaman dahulu area Kecamatan Jamblang merupakan bagian dari Peradaban Sungai Jamblang.

Sungai memiliki peran penting terhadap lahirnya peradaban. Pada jaman dahulu sungai berfungsi sebagai sumber air, sumber pangan serta sarana transportasi yang menghubungkan berbagai wilayah.

Sebagai wilayah yang dilalui aliran Sungai Jamblang, area Kecamatan Jamblang dapat dikategorikan wilayah yang memiliki Peradaban Tua, ditandai dengan bukti peninggalan bernilai Sejarah & Budaya. Klenteng Jamblang (Klenteng Hok Tek Ceng Sin), Komplek Pemakaman Buyut Kebagusan, Petilasan Laksamana Cheng Ho serta beberapa peninggalan lainnya yang bersifat Fisik dan Non Fisik.

Melalui jalur Sungai Jamblang disinyalir Etnis Tionghoa mulai masuk dari pantai utara Cirebon sampai bermukim di sekitar Sungai Jamblang (sekarang Desa Jamblang).

Keberadaan Etnis Tionghoa yang hidup berdampingan dengan penduduk setempat memunculkan karakteristik Budaya yang Unik. Akulturasi Budaya yang terjadi dapat ditemukan pada bentuk bangunan, kuliner, kesenian serta kebiasaan masyarakat setempat yang memiliki ciri Jawa, Sunda & Tionghoa, bahkan kemudian masuk kebudayaan Eropa melalui Penjajah Belanda.

Percampuran Kebudayaan tersebut menjadikan Area Kecamatan Jamblang memiliki Khasanah Budaya dan Potensi Wisata yang kaya serta layak untuk dikembangkan.

Event Jamblang Festival 2021 diharapkan mampu mengangkat potensi wisata dan budaya yang ada di Jamblang, membuat Jamblang lebih dikenali oleh masyarakat luas. Yang ujungnya berdampak positif terhadap perkembangan Industri Pariwisata Kecamatan Jamblang dan Kabupaten Cirebon khususnya, dan Industri Pariwisata Nasional.

Dalam gelaran perdana, digelar 3 sesi acara :

  • Pameran Virtual Potensi Desa & Wisata Kecamatan Jamblang
  • Pentas Kesenian Virtual
  • Pameran Cinematic & Fotografi

Mengingat situasi saat ini yang masih pandemi, ke tiga acara diatas dilakukan secara virtual dan ditayangkan langsung di Youtube.

Pelaksanaan acara sudah dimulai sejak 4 Agustus 2021, dengan bentuk kegiatan Pembuatan Video Potensi Desa. Untuk Pameran dan Pentas Seni akan digelar tanggal 21-22 Agustus 2021.

Lokasi Pentas Seni dan Pameran sengaja dibuat terpisah tidak dalam 1 lokasi. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerumunan. Karena meskipun dilaksanakan virtual, penyelenggara menyadari bila dilaksanakan secara terpusat kemungkinan terjadinya kerumunan sangat besar. Jumlah panitia, pengisi acara, crew, dan pihak pihak yang terlibat akan sangat banyak jika digelar pada satu lokasi.

Satu lagi yang terlewat, untuk Pameran Cinematic & Fotografi , Photo dan Video yang di pamerkan juga menampilkan photo dan Video dari Lomba Cinematic & Fotografi Jamblang Festival.

Cinematic & Fotografi Jamblang Festival 2021
Cinematic & Fotografi Jamblang Festival

Saat ini Pendaftaran dan pengumpulan Photo Lomba Cinematic & Fotografi Jamblang Festival sedang berjalan. Dan akan ditutup tanggal 15 Agustus 2021.

Harapan penyelenggara JAMBLANG FESTIVAL 2021 dengan tema “Pameran Potensi Wisata Kecamatan Jamblang” akan menjadi awal terbentuknya Wisata terintegrasi Kecamatan Jamblang, serta dapat berperan dalam membangun Industri Pariwisata di Kabupaten Cirebon.

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


My Apps on Play store


Cek Info Rekening PDAM Tirta Jati